S2 Biologi bersama tujuh program studi lain berpromosi ke Manado, Sulawesi Utara, 26 – 28 Februari 2017

Salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah mahasiswa adalah dengan memperkenalkan program – program pascasarjana Universitas Udayana melalui upaya sosialisasi dan promosi keluar daerah Bali.  Program Studi Magister Ilmu Biologi bersama – sama dengan tujuh program pascasarjana lain, dengan dukungan Rektor, melakukan kunjungan ke Manado, Sulawesi Utara pada  tanggal 26 – 28 Februari 2017.  Tempat yang dikunjungi meliputi Universitas Sam Ratulangi di kota Manado, Universitas Negeri Manado di Tondano, Pemda Sulawesi Utara dan warga Bali yang bermukim di Kota Manado.

Sosialisasi dimulai pada hari Minggu sore, 26 Februari 2017 di Pura Jagaditha Manado.  Kegiatan dihadiri Ketua PHDI Manado, Pengurus Pura serta mahasiswa Bali di Manado.  Tujuannya adalah untuk memperkenalkan program – program studi Pascasarjana yang ada di Universitas Udayana dan diharapkan warga Bali di Manado berniat untuk melanjutkan studi di Universitas Udayana, Bali.  Tak lupa tim Unud menyerahkan dana punia berupa uang tunai dan kenang-kenangan dari Universitas Udayana (Gambar 1).

Pada hari Senin pagi 27 Februari 2017, promosi dilaksanakan di Gedung Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi, yang diterima dan dipimpin oleh Direktur Pascasarjana Unsrat dan dihadiri oleh staf dan mahasiswa (Gambar 2). Promosi juga dilaksanakan di Pemda Sulawesi Utara, bertempat di  Kantor Gubernur Sulut.  Pertemuan dipimpin dan dipandu langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD Sulut), Ibu Dr. Femmy Suluh.  Peserta terdiri dari seluruh pimpinan dan wakil pimpinan SKPD dan staf yang berpeluang melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3 (Gambar 3).  Pada sore harinya, kegiatan sosialisasi dan promosi dilanjutkan ke Universitas Negeri Manado di daerah Tondano, yang terletak kurang lebih 2 jam dengan kendaraan ke arah pegunungan.  Meskipun sosialisasi dilaksanakan pada pukul 4 hingga 6 sore, mahasiswa sangat antusias dengan kedatangan tim tercermin dari banyaknya pertanyaan yang timbul dan motivasi mereka untuk dapat berkuliah di Bali (Gambar 4).

Kegiatan sosialisasi ini telah diprogramkan dari WR 1 Universitas Udayana dan dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Semoga memberi dampak yang positif bagi program studi – program studi Magister dan Doktor di Universitas Udayana (/iaa).      

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>