Konferensi Peneliti dan Pemerhati Burung Indonesia 3 (KPPBI3)

Program studi Magister Biologi Universitas Udayana bekerjasama dengan Program Studi Biologi Konservasi Universitas Dhyana Pura menyelenggarakan     di Aula Gedung Pasca sarjana Universitas Udayana pada tanggal 2-4 Pebruari 2017.  KPPBI 3 yang secara resmi dibuka pada hari ini, Kamis, 2 Pebruari 2017 oleh Rektor Universitas Udayana, yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS diikuti oleh sekitar 250 peserta dari seluruh Indonesia dan dari Australia, Belanda dan USA. Peserta terdiri dari kalangan akademisi berikut mahasiswa baik dari PTN/PTS dari seluruh Indonesia, Lembaga pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat, organisasi atau kelompok masyarakat, perusahaan, maupun independen perseorangan yang memiliki ketertarikan terhadap studi avifauna.

Konferensi ini terdiri dari 2 kegiatan utama yaitu Nasional Simposium dan Workshop.  Pada symposium Nasional dibahas 4 topik utama yaitu burung di habitat alaminya, burung di luar habitat alaminya/habitat buatan, konservasi Curik Bali, dan Scientific journalism. Pembicara yang diundang untuk membahas topik-topik tersebut merupakan pakar dibidangnya masing-masing, diantaranya adalah Dr. Bas van Balen (Belanda), Dr. Richard Noske (University of Queensland, Australia), Tony Sumampau (Asosiasi Pelestari Curik Bali), dan Yus Rusila Noor (Wetlands International). Selain itu, dipresentasikan (baik dalam bentuk oral maupun poster) lebih dari 100 naskah penelitian pada topik-topik yang meliputi Ekologi, Prilaku, Konservasi, Ekoturisme dan Perdagangan Avifauna, Metodelogi, serta Morfologi dan Fisiologi. Sedangkan pada kegiatan workshop, terdapat 4 materi yang disampaikan yaitu: (1) Fotografi untuk membantu studi avifauna yang diberikan oleh Riza Marlon seorang professional wildlife photographer, (2) pencincinan burung untuk studi migrasi yang diberikan oleh Iwan Febrianto dari lembaga Burung Nusantara, (3) konservasi burung pemangsa yang diberikan oleh Adam Supriatna dari Asian Raptor Research Conservation Networks, dan (4) peran medik konservasi dalam pelestarian avifauna yang diberikan oleh Drh. Bayu Wirayuda dari Friends of National Park Foundation.

Kaprodi Magister Biologi FMIPA Universitas Udayana, Ir. Ida Ayu Astarini, MSc., PhD. dan Rektor Universitas Dhyana Pura DR. dr. Made Nyandra, SP. Kj. M.Repro., FIAS. mengharapkan agar semua partisipan dalam Konferensi Peneliti dan Pemerhati Burung Indonesia 3 ini dapat saling berbagi pengalaman, pengetahuan dan wawasannya terkait studi avifauna di Indonesia, serta memperluas  jejaring mereka untuk pengembangan ilmu terkait avifauna secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>