SAKURA EXCHANGE PROGRAM IN SCIENCE 2016

SAKURA EXCHANGE PROGRAM IN SCIENCE 2016

Saya I Ketut Catur Wiguna, mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Biologi Universitas Udayana, Program Pascasarjana, bersyukur mendapatkan kesempatan mengikuti Sakura Exchange Program in Science di Chiba University, Chiba, Jepang selama 10 hari, pada tanggal 18-28 Juli 2016.

Sakura Exchange Program in Science merupakan program baru bagian dari Japan-Asia Youth Exchange Program in Science yang diadakan oleh pemerintah Jepang yaitu Japan Science and Technology Agency, untuk memberikan bekal kepada pelajar dan calon pemimpin muda khususnya di negara-negara Asia dalam bidang pendidikan sains, teknologi dan budaya melalui kunjungan secara langsung ke Jepang yang bekerjasama dengan salah satu universitas di Jepang-Asia. Dalam kesempatan ini kegiatan Sakura Project diadakan bekerjasama dengan Chiba University, Jepang, yang diikuti oleh undangan mahasiswa sebanyak 13 orang dari 5 Negara yaitu Indonesia, Thailand, Kamboja, Filipina, dan Jepang. Dari Indonesia mahasiswa yang terpilih sebanyak 5 orang masing-masing dari Universitas Udayana, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Bandung.

Kegiatan Sakura Project diawali dengan kegiatan orientation dan welcome ceremony di Chiba University.  Acara dibuka oleh Prof. Nomura beserta staf pengajar lainnnya.  Setelah itu dilakukan pengenalan lab dan fasilitas kampus serta program-program yang tersedia di Chiba University seperti program Magister, Doktoral, Short-term Exchange, dan program lainnya.  Kegiatan Sakura Project disusun full day selama 10 hari, kegiatan didominasi dengan Science and Experiments Class baik dari bidang biologi, kimia, dan fisika.  Diakhir kegiatan diminta output berupa presentasi dan laporan dari masing-masing ekperimen. Sistem pembelajaran di universitas Jepang yang disampaikan, betul-betul terstruktur dan dilaksanakan dengan fasilitas yang sangat memadai.

Selain di bidang pendidikan sains dan teknologi, Sakura Exchange Program ini memberikan kunjungan ke sekolah dan tempat wisata tertentu di Jepang, hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta Sakura Project ini untuk mengenal langsung kebudayaan orang Jepang.  Kunjungan lainnya yaitu visit to Chiba Higashi High School, Chiba City Science Museum & Chuoh Museum, Sakura Histrical Museum, and Sightseeing in Sakura City (Kampung Samurai). Budaya kehidupan orang Jepang sangat menarik yaitu bekerja keras, disiplin,dan respect terhadap orang lain maupun lingkungannya.  Penerapan teknologi yang serba canggih, penggunaan transportasi massal yang betul-betul tertata dan terintegrasi, serta penataan lingkungan yang sangat bersih dan kondusif.

Setelah menyelesaikan seluruh kegitan Sakura Project ini, diakhir kegiatan diisi dengan final presentation dan penyerahan sertifikat kepada para peserta dan ditutup dengan farewell ceremony.

Sakura Exchange Program in Science ini seluruh kegiatannya dibiayai full oleh pemerintah Jepang melalui badan yang bernama Japan Science and Technology Agency. Terimakasih kepada Universitas Udayana dan Japan Science and Technology Agency atas segala dukungan dan perhatian yang diberikan.  Semoga mendapat kesempatan baru lainnya untuk belajar lagi negara ini.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *