Crawford Foundation untuk kursus singkat Microspore culture

S2 Biologi bekerja sama dengan The University of Western Australia memperoleh dana Crawford Foundation untuk kursus singkat Microspore culture, 9-13 Juli 2012

Lima orang mahasiswa S2 Biologi (Deswiniyanti, Ari lestari, Dian Septarini, Zaenul Gafari, Cri Dwitiari), dua orang Staf Dosen S2 Biologi Universitas Udayana (Dr. Ida Ayu Astarini dan Made Ria Defiani, MSc), dan satu orang Staf Dosen IPB (Dr. Ni Made Armini Wiendi) dan tiga orang staf pemuliaan tanaman dari PT BISI, Kediri Jawa Timur, mendapat kesempatan untuk mengikuti kursus singkat tentang kultur mikrospora yang diselenggarakan oleh ICPBER (International Center for Plant Breeding Education and Research) di University of Western Australia, Perth. Selain 11 orang dari Indonesia, kursus singkat ini juga diikuti satu orang dari Bangladesh dan satu peserta dari Perth, Western Australia.

Kultur mikrospora merupakan teknologi baru dalam kultur jaringan tanaman dan pemuliaan tanaman, yang mampu memotong lama waktu pemuliaan menjadi hanya dalam 1 siklus. Bagian tanaman yang dikulturkan adalah polen atau tepung sari yang masih muda, dan diinduksi untuk menjadi tanaman dewasa yang seragam, sehingga dapat digunakan sebagai tetua dalam persilangan selanjutnya.

Selama kursus, mahasiswa dan staf dosen diberikan teori dan praktek langsung mulai dari isolasi bagian polen muda, mengkulturkan, hingga aklimatisasi di lapang. Kursus juga dilengkapi dengan pengenalan teknik analisa tingkat ploidisasi kromosom dengan menggunakan alat Flow Cytometry. Semoga teknik baru ini dapat diterapkan baik di kampus maupun di perusahaan produksi benih seperti PT BISI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>